SATUAN
PEMBELAJARAN TERPADU
Tema
: pengalaman
Sekolah
Dasar :
Kelas
/ semester : III / 2
Alokasi
waktu : 1 x 35 menit
I.
STANDAR
KOMPETENSI
A. IPA
3.
Memahami sifat-sifat, perubahan sifat
benda dan kegunaanya dalam kehidupan sehari-hari.
B.
Matematika
2. pengukuran
waktu, panjang dan berat dalam memecahkan masalah.
C.
SBK
2. Mengekspresikan
diri melalui karya seni rupa
4. Mengapresiasi karya seni musik
II.
KOMPETENSI
DASAR
A. IPA
3.1 Mengidentifikasi sifat-sifat benda
berdasarkan pengamatan meliputi benda padat, cair, dan gas.
B.
Matematika
2.1 Memilih alat
ukur sesuai dengan fungsinya (meteran, timbangan, atau jam)
2.2
Menggunakan
alat ukur dalam pemecahan masalah
C.
SBK
2.1 Mengekspresikan diri melalui gambar
imajinatif mengenai diri sendiri
4.2 Menyanyikan lagu wajib, lagu daerah, dan lagu anak-anak
dengan atau tanpa iringan sederhana.
III.
INDIKATOR
A. IPA
1.
Mengklasifikasi benda-benda padat, cair,
gas yang ada disekitar.
2.
Melakukan percobaan untuk mengamati
sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
3.
Mengidentifikasi sifat-sifat khusus
benda padat, cair, gas berdasarkan percobaan.
B. Matematika
1.
Menggunakan alat ukur untuk mengetahui
ukuran suatu benda.
2.
Memilih alat ukur yang tepat untuk
mengukur panjang benda.
C. SBK
1.
Menyanyikan lagu yang berkaitan dengan
materi.
2.
Menggambar Imajinatif (Menggambar Benda
Favorit diri sendiri)
IV.
TUJUAN
PEMBELAJARAN
Setelah mengikuti pembelajaran,
diharapkan siswa mampu :
1.
Menyebutkan benda padat, cair dan gas
yang ada dilingkungan sekitar.
2.
Mengklasifikasi benda padat, cair dan
gas.
3.
Menuliskan benda padat, cair dan gas berdasarkan
gambar yang diberikan guru.
4. Melakukan
percobaan untuk mengamati sifat-sifat benda padat, cair dan gas.
5. Mengidentifikasi
sifat-sifat khusus benda padat, cair, gas berdasarkan percobaan.
6.
Menyimpulkan sifat-sifat khusus benda
padat, cair, gas.
7.
Mengukur benda dengan menggunakan alat
ukur.
8.
Memilih alat ukur yang tepat untuk
mengukur panjang.
9.
Menggunakan dan membaca alat ukur dengan
tepat.
10.
Menyanyikan lagu balonku yang sesuai
dengan materi.
11. Menggambar
Imajinatif (Menggambar Benda Favorit diri sendiri)
V.
KARAKTER
YANG DIHARAPKAN
Ketelitian
(carefulness)
Kerja
sama (Cooperation)
Percaya
diri ( Confidence)
Keberanian
( Bravery)
Saling
menghargai ( appreciated)
Kerapihan
Kebersihan
VI.
METODE
PEMBELAJARAN
Ceramah
Eksperimen
Tanya jawab
Demontrasi
Model : Kooperatif Learning
Pendekatan: kontruktivisme
VII.
MATERI
PEMBELAJARAN
Pengelompokan
Benda Padat, Cair dan Gas
Cobalah amati ruang
kelasmu ! Benda apa sajakah yang terdapat di dalam kelasmu. Apakah ada papan
tulis, bangku, meja, lemari pintu, dan jendela. Saat kalian belajar benda apa
saja yang kalian pakai, apakah menggunakan pensil atau pulpen? Apa kalian suka
membawa bekal air ke sekolah? Atau pernahkah kalian melihat asap kendaraan?
Tahukah kalian jenis-jenis benda yang kalian sebutkan. Apakah kalian tahu benda
tersebut memiliki sifat? Apa sajakah sifatnya? Nah agar kita mengetahui
sifat-sifat benda, kita akan melakukan percobaan berikut ini.
Kegiatan 1
1. Tujuan : untuk
mengetahui sifat-sifat pada benda cair
2.
Alat dan Bahan :
-
Air
-
Gelas (wadah 1)
-
Mangkuk (wadah 2)
-
Gelas aqua (wadah 3)
-
Penggaris
3. Langlah –langkah Kegiatan :
-
Pertama masukan air kedalam gelas (wadah
1)
-
Perhatikan
bentuk air, dan ukurlah tinggi air dengan menggunakan penggaris.
Menaksir Panjang Benda dalam
Kegiatan Sehari-Hari dan Memeriksa Hasil Taksirannya dengan Alat Ukur
Satuan panjang yang
biasa dipakai adalah cm. Penaksiran panjang sebuah benda dilakukan ke puluhan
terdekat. Untuk ketelitian hingga puluhan terdekat, jika angka satuannya kurang
dari 5, maka dibulatkan ke bawah, jika angkan satuanya 5 atau lebih dari lima
maka dibulatkan diatas 5.
Contoh
:
Panjang lidi di
atas adalah 11 cm. panjang lidi lebih dekat ke 10 cm dari ke 20. Maka panjang
lidi diatas kira-kira 10 cm
2. Panjang lidi di atas adalah 28 cm. Panjang lidi lebih dekat ke-30
daripada ke-20 cm. Maka, panjang lidi di atas kirakira 30 cm.
-
Tulislah hasil mengukur dalam lembar
kerja.
-
Pindahkan
air pada wadah 1 ke wadah, hati-hatilah saat memindahkan air jangan sampai
tumpah.
-
Perhatikan
kembali bentuk air, catat dalam lembar kerja.
-
Pindahkan air dari wadah 2 ke wadah 3
-
Perhatikan bentuk air, catat dalam
lembar kerja
-
Pindahkan
kembali air pada wadah 3 ke dalam wadah
1
-
Lalu ukurlah kembali tinggi akhir air
pada gelas, catatlah dalam lemnar kerja
4. Hasil pengamatan :
WADAH
|
BENTUK AIR
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
Tinggi awal air pada gelas : …….
Tinggi akhir air pada gelas : …….
5. Kesimpulan :
Bentuk
air ketika dipindahkan ke beberapa wadah : ………………………………
Jumlah
air pada gelas setelah dipindahkan dari
beberapa wadah: ……………….
Kegiatan 2
1.
Tujuan : untuk
mengetahui sifat-sifat pada benda padat
2.
Alat dan Bahan :
-
pensil
-
pulpen
-
Mangkuk
-
Penggaris
3. Langlah –langkah Kegiatan :
-
Pertama
letakan pensil dan pulpen di atas meja.
-
Perhatikan
bentuk pensil apakah berubah atau tetap lalu ukurlah pensil dan pulpen dengan
menggunakan penggaris.
Nah, siapa yang tahu kenapa kita
memakai penggaris untuk mengukur pulpen dan pensil.
Untuk mengetahui apa ya anak-anak? Iya
untuk mengetahui panjangnya. Nah selain penggaris kira-kira siapa lagi yang
tahu alat untuk mengukur panjang.
Memilih alat Ukur Sesuai dengan Fungsinya
1. Alat Ukur Panjang
Perhatikan
alat ukur panjang pada slide ibu.
Beberapa alat ukur panjang antara lain penggaris dan rol meter. Apakah
fungsi masing-masing alat ukur panjang tersebut? Meteran pita digunakan untuk
mengukur panjang kain. Meteran saku biasanya digunakan oleh tukang bangunan
atau tukang kayu untuk mengukur bangunan atau kayu. Penggaris dapat digunakan
untuk mengukur panjang garis pada pensil dan pulpen.
Iya jadi kita menggunakan penggaris karena penggaris merupakan
alat yang paling cocok untuk mengukur panjang pensil dan pulpen.
-
Catat hasil pengukuran pada lembar
kerja.
-
Pindahkan pulpen dan pensil ke mangkuk
-
Perhatikan kembali bentuk bentuk pensil
apakah berubah atau tetap lalu ukurlah pensil dan pulpen dengan menggunakan
penggaris.
-
Catat hasil pengukuran pada lembar
kerja.
4. Hasil pengamatan :
5. Hasil pengamatan
Nama benda
|
Tempat
|
Bentuk
|
Ukuran panjang
|
Pulpen
|
|
|
|
Pensil
|
|
|
|
Pulpen
|
|
|
|
Pensil
|
|
|
|
6. Kesimpulan
Bentuk
pensil pada tempat yang berbeda : ……………………………………
Panjang
pensil pada tempat yang berbeda : ……………………………………
Kegiatan 3
1. Tujuan : untuk
mengetahui sifat-sifat pada benda gas
2. Alat dan Bahan :
-
Balon bentuk bulat
-
Balon bentuk lain
3. Langlah –langkah Kegiatan :
-
Pertama tiuplah kedua balon.
-
Perhatikan
bentuk balon
-
Bandingkan bentuk kedua balon tersebut.
-
Catat hasil pengamatan pada lembar
kerja.
Nah anak-anak tadi kita sudah meniup balon, nah
supaya lebih semangat sekarang kita menyanyi dulu, nah siapa yang tahu lagu
balonku? Kita menyanyi bersama ya
Mengekspresikan
Seni Musik dengan Menyanyikan Lagu Anak-anak
Balonku ada lima
Rupa-rupa
warnanya
Hijau, kuning,
kelabu
Merah muda dan
biru
Meletus balon
hijau DOR!
Hatiku sangat
kacau
Balonku tinggal
empat
Kupegang
erat-erat
4. Hasil pengamatan
Nama benda
|
Bentuk
|
Balon
1
|
|
Balon
2
|
|
5. Kesimpulan
Bentuk
udara pada setiap tempat: …………………………………………….
Mengekspresikan Seni Rupa dengan
Menggambar Imajinatif (Menggambar Benda Favorit diri sendiri)
Nah anak-anak tadi kita
sudah melakukan percobaan tentang benda cair, padat dan gas. Masih ingat
bendanya ada apa saja, sekarang ibu akan memabagikan kertas HVS untuk setiap orang. Nah coba gambarlah salah
satu benda yang kalian sukai, gambar
sebagus mungkinlalu beri warna semenarik mungkin. Nanti akan ibu nilai dan
karya kalian akan di tempelkan di papan karya kita.
VIII.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN
A.
Kegiatan
Awal
Waktu
: 5 Menit
1.
Mengkondisikan peserta didik
2.
Melaksanakan tugas rutin
Dalam kegiatan
ini guru:
a.
Menginstruksikan ketua kelas untuk
memimpin doa bersama.
b.
Mengecek kehadiran pesserta didik
c.
Menanyakan kondisi peserta didik
d.
Memberikan motivasi dan semangat belajar
bagi peserta didik
3.
Menghubungkan materi yang akan diajarkan
dengan materi sebelumnya meneganai gerak benda dan energy, dalam kegiatan ini
guru memberikan pertanyaan sebagai berikut :
a.
Siapa yang masih ingat pembelajaran
minggu kemarin?
b.
Nah siapa yang masih ingat tentang gerak
benda?
c.
Coba sebutkan benda yang dapat bergerak?
4.
Dalam kegiatan ini, guru menghubungkan
materi yang akan diajarkan dengan kehidupan sehari-hari seperti berikut:
a.
Guru menanyakan tentang benda-benda yang
ada sekitar
5.
Melakukan apersepsi.
Contoh :
menyanyikan lagu “tik-tik bunyi hujan”
B.
Kegiatan
Inti
1. Eksplorasi
Waktu: 9 menit
Dalam kegiatan
eksplorasi:
d. Guru
menstimulus siswa tentang benda-benda yang berada disekitar.
e. Guru
menampilkan gambar tentang benda padat, cair, dan gas.
f. Peserta
didik mengelompokan gambar benda padat,
gas dan cair.
g. Guru
menjelaskan benda padat, cair, dan gas.
2. Elaborasi
Waktu:
10 Menit
Dalam kegiatan
elaborasi, guru :
a. Guru
membagi siswa kedalam empat kelompok.
b. Guru
memfasilitasi peserta didik secara berkelompok melakukan kegiatan pengamatan
sifat-sifat benda cair, padat dan gas.
c. Guru
memfasilitasi peseta didik melakokan percobaan sifat-sifat benda cair, padat
dan gas dengan menyediakan alat dan bahan. Seperti :
-
Aqua gelas
-
Gelas kecil
-
Mangkuk kecil
-
Pensil
-
Balon berbagai bentuk.
-
Pulpen
-
Air
d. Peserta
didik mengukur tinggi awal air pada gelas dengan menggunakan penggaris.
e. Peserta
didik memindahkan air ke mangkuk kecil
dan gelas aqua.
f. Peserta
didik membandingkan perubahan-perubahan bentuk air saat dipindahkan ke beberapa
wadah.
g. Peserta
didik mengukur kembali tinggi akhir air pada gelas dengan menggunakan
penggaris.
h. Peserta
didik membandingkan tinggi awal dan akhir air pada gelas.
i.
Peserta didik meletakan pulpen dan pensil
di atas meja.
j.
Peserta didik memperhatikan bentuk awal
pulpen dan pensil.
k. Peserta
didik mengukur panjang pulpen dan pensil dengan menggunakan pengggaris.
l.
Peserta didik memindahkan pulpen dan
pensil ke dalm mangkok dan memperhatikan bentuknya.
m. Peerta
didik mengukur panjang pulpen dan pensil setelah dipindahkan ke dalam mangkok dengan
menggunakan pengggaris.
n. Peserta
didik meniup dua buah balon yang berbeda bentuk.
o. Peserta
didik membandingkan betuknya.
p. Peserta
didik menuliskan hasil pengamatan kedalam lembar kerja.
q. Guru
memberi kesempatan kepada peserta didik untuk menjelaskan hasil pengamatannya
di depan kelas dengan perwakilan kelompok.
r.
Guru membimbing jalannya diskusi.
s. Peserta
didik menyanyikan lagu balonku.
3. Konfirmasi
waktu:
7 menit
Dalam kegiatan
konfirmasi, guru :
a. Guru
mengevaluasi hasil diskusi peserta didik dan melakukan tanggung jawab tentang
hal-hal yang belum dimengerti.
b.
Guru memberikan jawaban dan memotivasi
kepada peserta didik yang kurang atau belum berpartisipasi aktif.
C.
Kegiatan
Akhir
Waktu:
6 menit
1. Guru
bersama peserta didik meluruskan pemahaman, memberikan penguatan dan
penyimpulan.
2. Guru
menginformasikan materi ajar berikutnya kepada peserta didik.
3. Guru
menginstruksikan kepada ketua kelas untuk memimpin doa akhir pelajaran.
IX.
ALAT
DAN SUMBER
1. Alat :
a. Alat
praktikum seperti aqua gelas, air, mangkok, pensil, pulpen, gelas, balon bulat,
balon berbentuk.
b. Slide
yang menampilakan gambar benda padat, cair dan gas.
c. LCD
Proyektor
d. PC/laptop
2. Sumber :
-
Haryanto. (2004). Sains Untuk Sekolah Dasar Kelas III. Jakarta : Erlangga
-
Kemala, Rosa. (2006). Jelajah IPA Untuk Sekolah Dasar Kelas III.
Jakarta : Yudistira
-
Sutejo, Bambang. (2007). Super Ilmu Pengetahuan Alam Untuk Sekolah
Dasar Kelas III. Jakarta : ESIS
-
Fajariyah, Nur. (2008). Cerdas Berhitung Matematika Untuk Sekolah
Dasar Kelas III. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional
-
Gambar – gambar benda dari internet.
X.
PENILAIAN
Lembar
Portofolio individual
Nama : ……………………………………………..
No.
|
Nama
Benda
|
Jenis
Benda
|
1.
|
|
|
2.
|
|
|
3.
|
|
|
4.
|
|
|
5.
|
|
|
6.
|
|
|
7.
|
|
|
8.
|
|
|
9.
|
|
|
10.
|
|
|
Lembar
Portofolio Kelompok
KEGIATAN
1
1. Hasil pengamatan
WADAH
|
BENTUK AIR
|
1
|
|
2
|
|
3
|
|
Tinggi awal air pada gelas : …….
Tinggi akhir air pada gelas : …….
2. Kesimpulan
Bentuk air ketika dipindahkan ke beberapa wadah :
Jumlah air pada gelas setelah dipindahkan dari beberapa wadah:
KEGIATAN
2
1. Hasil pengamatan
Nama benda
|
Tempat
|
Bentuk
|
Ukuran panjang
|
Pulpen
|
|
|
|
Pensil
|
|
|
|
Pulpen
|
|
|
|
Pensil
|
|
|
|
2. Kesimpulan
Bentuk
pensil pada tempat yang berbeda :
Panjang
pensil pada tempat yang berbeda :
KEGIATAN
3
1.
Hasil
pengamatan
Balon
|
Bentuk
udara pada balon
|
1
|
|
2
|
|
2.
Kesimpulan
:
Bentuk udara disetiap tempat
: ………………………………………………
Kriteria
Penilaian
1. Penilaian Melakukan percobaan mengamati sifat-sifat benda cair, padat dan gas
Kelompok : ………………
No
|
Aspek
|
Skor
|
Jumlah
|
Nilai
|
|||
1
|
2
|
3
|
4
|
||||
1.
|
Ketepatan meyusun
langkah kegiatan
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
Ketelitian saat
menggukur benda
|
|
|
|
|
|
|
3.
|
Ketepatan cara
menggunakan alat dan bahan
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Kerjasama antar
anggota kelompok
|
|
|
|
|
|
|
5.
|
Kerapihan saat
melakukan percobaan
|
|
|
|
|
|
|
6.
|
Kebersihan saat
melakukan percobaan
|
|
|
|
|
|
|
7.
|
Partisipasi dalam
membuat kesimpulan
|
|
|
|
|
|
|
8.
|
Ketekunan saat
melakukan percobaan
|
|
|
|
|
|
|
9.
|
Menghargai pendapat
angota kelompok
|
|
|
|
|
|
|
10.
|
Penyampaian Hasil
Diskusi
|
|
|
|
|
|
|
Skor = jumlah skor
x100 = …….
Skor maksimal
2. Penilaian Lembar portofolio
individual
Kunci
jawaban :
No.
|
Nama Benda
|
Jenis Benda
|
1.
|
meja
|
Benda padat
|
2.
|
Air juice
|
Benda cair
|
3.
|
Angin
|
Benda gas
|
4.
|
Lemari
|
Benda padat
|
5.
|
Air susu
|
Benda cair
|
6.
|
Air kopi
|
Benda cair
|
7.
|
Tas
|
Benda padat
|
8.
|
Buku
|
Benda padat
|
9.
|
Air the
|
Benda cair
|
10.
|
sepatu
|
Benda padat
|
CATATAN :
Nilai = (Jumlah Skor : Jumlah Skor
Maksimal) x 10.
3.
Penilaian
menggambar imajinatif (menggambar benda favorit diri sendiri)
No.
|
Nama
siswa
|
Aspek
yang Dinilai
|
Skor
nilai
|
||||
A
|
B
|
C
|
D
|
E
|
|
||
1.
|
|
|
|
|
|
|
|
2.
|
|
|
|
|
|
|
|
Aspek
yang dinilai :
- Ketepatan
pendeskripsian bentuk benda
- Kerapihan
gambar
- Kesesuaian
warna
- Kreativitas
cara menggambar
- Keindahan
(estetika gambar)
Skor
Penilaian
Aspek kinerja siswa
|
Nilai
|
Kurang
sekali
|
1-3
|
Kurang
baik
|
3-5
|
Baik
|
5-7
|
Sangat
baik
|
7-10
|
Skor
= jumlah skor x100
= …….
Skor maksimal
makasih n bagus sangat membantu sekali :)
BalasHapusthanks
BalasHapusthanks
BalasHapusTerimakasih...sangat membantu sekali.
BalasHapus